Frame Kecemasan dan Clickbait Dalam Berita Kesehatan Terkait Covid-19 Pada Anak

Rohmadtika Dita, Umi Septia Rahayu, Asrul M. Mustaqim, Eliza Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji frame kecemasan dan clickbait dalam berita kesehatan terkait Covid-19 pada anak. Intensitas pemberitaan terkait Covid-19 di media online tergolong tinggi karena Covid-19 merupakan informasi yang dibutuhkan selama pandemi berlangsung. Namun, pemberitaan terkait Covid-19 rentan menimbulkan kecemasan pada masyarakat karena maraknya penggunaan judul bergaya clickbait. Metode penelitian yang digunakan adalah framing Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki dengan menganalisis enam berita pada media online suara.com dan himedik.com yang dikumpulkan sejak Januari-Mei 2022. Hasil analisis berita pada suara.com dan himedik.com menunjukkan ketidaksesuaian antara judul dengan isi berita kesehatan terkait Covid-19 pada anak. Dari sampel yang dianalisis, terdapat penggunaan judul berita bergaya clickbait jenis exaggeration (hiperbolis) dan formatting (mengubah). Penggunaan judul sensasional pada berita kesehatan terkait Covid-19 pada anak rentan menyebabkan kecemasan pada masyarakat. Media online diharapkan menghindari judul bergaya clickbait agar berita Covid-19 dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat

Keywords


Anak-anak; Berita kesehatan; Clickbait; Covid-19; Frame kecemasan

Full Text:

PDF

References


Biyani, P., Tsioutsiouliklis, K., & Blackmer, J. (2016). Detecting Clickbaits in News Streams Using Article Informality. Thirtieth AAAI Conference on Artificial Intelligence, 94–100.

Boer, Kheyene Molekandella; Pratiwi, Mutia Rahmi; Muna, Nalal (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah terkait Covid-19 di Media Online. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/cjik ISSN 2549-8452 (Online)

Chakraborty, A., Paranjape, B., Kakarla, S., & Ganguly, N. (2016). Stop Clickbait: Detecting and preventing clickbaits in online news media. Proceedings of the 2016 IEEE/ACM International Conference on Advances in Social Networks Analysis and Mining, ASONAM 2016. https://doi.org/10.1109/ASONAM.2016.7752207

Eriyanto. (2015). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS Printing Cemerlang.

Eriyanto. (2017). Analisis Naratif Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Cet ke. 3. Jakarta: PT Fajar Pratama Mandiri.

Fullana, M. A., Hidalgo-Mazzei, D., Vieta, E., &Radua, J. (2020). Coping behaviors associated with decreased anxiety and depressive symptoms during the COVID-19 pandemic and lockdown. Journal of Affective Disorders.doi:10.1016/j.jad.2020.06.027.

Habibie. (2018). Identifikasi Judul Berita Clickbait Berbahasa Indonesia Dengan Algoritma Long Short Term Memory (Lstm) Recurrent Neural Network. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/8874

Himedik.com. (Januari, 2022). https://www.himedik.com/anak/2022/01/12/073000/pandemi-virus-corona-perburuk-kesehatan-tulang-anak-ini-solusinya.

Himedik.com. (Januari, 2022). https://www.himedik.com/anak/2022/01/17/130000/gejala-covid-19-omicron-pada-bayi-salah-satunya-batuk-menggonggong.

Himedik.com. (Mei, 2022). https://www.himedik.com/anak/2022/05/09/200000/anak-anak-juga-berisiko-alami-long-covid-19-kenali-gejalanya.

Ilahi, Astrid Dinda Wahyu; Rachma, Visalia; Janastri, Worohayun; Karyani, Usmi. (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19, Vol 1 No 1 (2021): Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology Articles, https://press.umsida.ac.id/index.php/iiucp/article/view/599/434?download=pdf.

Kuiken, J., Schuth, A., Spitters, M., & Marx, M. (2017). Effective headlines of newspaper articles in a digital environment. Digital Journalism, 5(10), 1300-1314. https://doi.org/10.1080/21670811.2017.127997

Liputan6.com. (November, 2021), https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4709290/kumpulan-hoaks-menakutkan-dampak-vaksin-covid-19-pada-anak.

Liu, J. C., & Tong, E. M. (2020). The Relation Between Official WhatsApp-Distributed COVID-19 News Exposure and Psychological Symptoms: Cross-Sectional Survey Study. Journal Of Medical Internet Research, 22(9). doi:10.2196/22142.

Mahfudz, Ali. (2020). Pengaruh Terpaan Berita TV tentang Covid-19 terhadap Kecemasan Masyarakat Desa Kaladan Jaya, http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3498/1/Artikel%20Ali.pdf.

Rayani, Dewi & Purqoti, Dewi Nur Sukma. (2020). Kecemasan Keluarga Lansia terhadap Berita Hoax Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan & Konseling JRbk. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/ realita/article/view/2893/1986

Santana K., Septiawan. (2015). Narrative dalam Jurnalisme Kesehatan: Sebuah Pengantar. http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/27790.

Santana K., Septiawan. (2017). Jurnalisme Kontemporer edisi 2. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suara.com. (Januari, 2022). https://www.suara.com/health/2022/01/12/163112/seberapa-parah-virus-corona-covid-19-pada-anak-2-tahun-waspadai-gejalanya.

Suara.com. (Februari, 2022). https://www.suara.com/health/2022/02/20/171055/efek-samping-vaksin-covid-19-pada-anak-jangan-panik-jika-anak-anak-mengalami-tanda-tanda-berikut-usai-divaksin.

Suara.com. (April, 2022). https://www.suara.com/health/2022/04/02/105132/virus-corona-covid-19-bisa-picu-ruam-kulit-pada-anak-begini-tanda-tandanya.

Suara.com (Juli, 2022). https://www.suara.com/pages/tentangkami

Sukmono, Nur Dwi. (2021). Clickbait Judul Berita Online dalam Pemberitaan Covid-19, Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5, No. 1, Maret 2021, pp. 1-13 P-ISSN: 2549-5941, E-ISSN: 2549-627. doi: 10.31002/transformatika.v%vi%i.3643.

Sulaeman, Mikaila Reggiana; Priyanka, Kirana Michellia; Zahra, Andisa Zeta; Jatnika, Ratna. (2021). Anxiety: Impact of COVID-19 News to College Students, Faculty of Psychology, Padjadjaran University. http://doi.org/10.29080/jpp.v12i2.563, http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP/article/view/563.

Tempo.co. (Oktober, 2021). https://nasional.tempo.co/read/1520266/hati-hati-dengan-clickbait-judulbombastis-tak-sesuai-fakta

Thejakartapost.com. (Februari, 2020).https://www.thejakartapost.com/news/2020/02/18/virus-free-indonesia-more-threatened-by-covid-19-than-singapore-malaysia-survey.html.

Wahyudy, Oren (2020). Persepsi Generasi Milenial di Jabodetabek dalam Mengakses Berita Clickbait Tentang Virus Corona di Media Daring. https://kc.umn.ac.id/15145/

Yudhaswara, Rico.K & Hidayat, Dasrun. (2021). Perilaku Selektif Memilih Informasi Covid-19 di Media Massa. http://osf.io>jpseq

Zaenudin, A. (2018). Influencer di Media Sosial, Penantang Tangguh Iklan Konvensional. Tirto.ID.




DOI: http://dx.doi.org/10.36451/j.isip.v19i2.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rohmadtika Dita, Umi Septia Rahayu, Asrul M. Mustaqim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Institute of Social and Political Science Jakarta
Jl. Lenteng Agung Raya No.32, RT.11/RW.5, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12610, Indonesia.

Creative Commons License
Jurnal ISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.