Penurunan Pemahaman Belajar (Learning Loss) Siswa Akibat Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Dwi Nurafida, Sugeng Astanto, Irmawan Effendi, Syafril Tahar, Wiwien Wirasati

Abstract


Perubahan proses belajar mengajar dari Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa Pandemi Covid-19 dinilai kurang efektif dan menimbulkan dampak bagi siswa sekolah dasar, guru, serta orang tua. Menurut teori Determinasi Teknologi, idealnya perkembangan teknologi khususnya dalam pembelajaran akan memberikan dampak positif. Misalnya, teknologi akan memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan artikel ini mendeskripsikan penyebab perubahan penurunan pemahaman belajar pada siswa Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19 di SDIT Nahwa Nur. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak yang ditimbulkan yaitu mengenai keterbatasan fasilitas teknologi, kendala sinyal, sulit untuk berkonsentrasi, serta terjadinya penurunan pemahaman belajar (learning loss) pada siswa. Terdapat dua penyebab learning loss yaitu Interrupted formal education dan Ineffective teaching. Guru dan siswa tidak siap dalam menghadapi kondisi yang datang secara tiba-tiba, terlebih tidak terbiasanya guru dan siswa dalam menggunakan teknologi pembelajaran. Ketidaksiapan ini adalah cerminan dari perlunya peningkatan kemampuan sumber daya guru untuk memaksimalkan penggunaan teknologi. Kemudian diperlukan juga dukungan pihak sekolah untuk menyediakan koneksi internet yang lancar bagi proses pembelajaran


Keywords


Covid-19; Determinasi Teknologi; Learning Loss

Full Text:

PDF

References


Abeysinghe, S., Amir, V., Huda, N., Humam, F., Lokopessy, A. F., Sari, P. V., … Suwandono, A. (2022). Risk and responsibility: lay perceptions of COVID-19 risk and the ‘ignorant imagined other’ in Indonesia. Health, Risk & Society, 24(5–6), 187–207. https://doi.org/10.1080/13698575.2022.2091751

Azhari, B., & Fajri, I. (2022). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(7), 1934–1954. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Bakry, U. S. (2016). Metode Penelitian Hubungan Internasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bimber, B. (1990). Karl Max and the Three Faces of Technological Determinism. Social Studies of Science, 20, 333–351.

Castrellon, L. E., Fernandez, E., Rivarola, A. R. R., & Lopez, G. R. (2021). Centering Loss and Grief: Positioning Schools as Sites of Collective Healing in the Era of Covid-19. Dalam M. D. Young, M.-B. Jimenez, & M. Grogan (Ed.), Education Leadership and the COVID-19 Crisis (Vol. 6, hlm. 190–204). Frontiers Media SA.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika X (SNS), 10.

Databoks Katadata. (2021). Dampak Pandemi Mayoritas Anak Indonesia Putus Sekolah Karena Ekonomi.

Dincher, M., & Wagner, V. (2021). Teaching in Times of COVID-19: Determinants of Teachers’ Educational Technology Use (No. 2101). Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/348834568_Teaching_in_Times_of_COVID-19_Determinants_of_Teachers’_Educational_Technology_Use

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal PGS

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, Mark. D. (2021). Learning Loss due to School Closures during the Covid 19 Pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) of the United States of America, 118(17), 1–7.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Vol 17.

https://covid19.go.id/id. (2022). Data Sebaran.

https://www.edglossary.org/. (t.t.). Learning Loss.

Jan, A., Ali Khan, S., Naz, S., Khan, O., & Qayum Khan, A. (2021). Marshal McLuhan’s Technological Determinism Theory in the Arena of Social Media. Pakistan Journal of Social Science, 18(2), 30–34.

Kusumaningrum, S., Siagian, C., & Beazley, H. (2022). Children during the COVID-19 pandemic: children and young people’s vulnerability and wellbeing in Indonesia. Children’s Geographies, 20(4), 437–447. https://doi.org/10.1080/14733285.2021.1900544

Qureshi, A. I., Saeed, O., & Syed, U. (2022). Coronavirus Disease From Origin to Outbreak. London: Elsevier Inc.

Republik Indonesia. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003). Jakarta.

Rhamdan, D., Kule, A., & al Wahi, S. M. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 432–446.

UNICEF. (2021, Oktober). Dampak COVID-19 terhadap rendahnya kesehatan mental anak-anak dan pemuda hanyalah ‘puncak gunung es’ - UNICEF.

UNICEF. (2022). Are Children Really Learning? Exploring Foundational Skills in the Midst of a Learning Crisis.

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Jakarta: Kompas Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36451/j.isip.v19i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Nurafida, Sugeng Astanto, Irmawan Effendi, Syafril Tahar, Wiwien Wirasati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Institute of Social and Political Science Jakarta
Jl. Lenteng Agung Raya No.32, RT.11/RW.5, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12610, Indonesia.

Creative Commons License
Jurnal ISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.